Berbagai macam teknologi laptop telah muncul di Consumer Electronic Show (CES) pada tahun ini, sebagian di antaranya menonjol sebab menggunakan teknologi silikon dari AMD dan Intel.

Berikut teknologi laptop terbaru paling menonjol yang dipamerkan di CES 2021.

Nvidia’s GeForce RTX 30 Series GPU

Tahun lalu Nvidia sudah memperkenalkan GPU seri 30 terbaru yang harganya lebih murah dari model pendahulunya namun berperforma lebih baik. Namun menurut Popsci, seri 30 ini dinilai terlalu besar dan haus tenaga yang membuatnya tidak kompatibel untuk laptop.

Di CES, Nvidia memperkenalkan laptop spesifik dengan spesifikasi ini yakni RTX 3060, RTX 3070, dan RTX 3080. RTX mampu mendukung ray tracing, teknologi grafis yang sempat jadi pilihan utama untuk menghasilkan efek spesial.

Sejak 2018 ray tracing masuk ke dunia PC gaming kemudian ke Xbox Series X dan PS5 pada 2019. Nvidia mengklaim pada varian basis RTX 3060 mampu menghasilkan tenaga lebih besar dari PS5.

Pada varian tertinggi RTX3080 diklaim dapat mencapai 100 fps pada resolusi 1440p, in merupakan pencapaian hebat di dunia laptop.

Sebagian orang mungkin mengharapkan untuk menggunakan chip ini dalam laptopnya, namun chip ini baru tersedia di beberapa laptop gaming keluaran terbaru seperti Razer Blade Advanced edition atau Asus ROG Zephyrus Duo.

Keduanya laptop itu debut di CES pada 13 Januari lalu dengan banderol mulai dari US$2.500 hingga US$ 3.000 atau setara Rp34 juta hingga Rp41 juta.

Intel ‘Tiger Lake’ Core H-series

Intel merilis chip seri-H generasi ke-11 yang diperuntukkan untuk laptop berkapasitas tinggi. Ada tiga versi baru, termasuk Core i5, Core i7, dan edisi khusus Core i7 untuk jajaran seri high end.

Semuanya menggunakan teknologi Turbo Boost Intel, yang meningkatkan kinerja inti tunggal. Performa ekstra itu berguna untuk pengguna yang membutuhkan banyak sumber daya seperti bermain game.

CPU AMD Ryzen 5000 Cezanne

Tahun lalu, AMD membuat lompatan besar dalam kinerja dan masa pakai baterai pada produk prosesor. Pada chip yang dirilis tahun ini mencakup 13 model baru, yang menjangkau pasar laptop kelas menengah dan atas.

Pada kelas atas, seri HX menargetkan PC gaming. Tersedia dua SKU, Ryzen 9 5900X dan Ryzen 9 5980 HX, keduanya memiliki 8 core dan 16 threads yang mampu melakukan overclocking atau dapat mendorong chip melampaui performa biasanya.

AMD mengklaim 5900X dapat melampaui lebih dari sepertiga kinerja chip i9 Intel .

Chip U-series dari AMD setara chip Intel Core i7 Tiger Lake, dan AMD mengklaim memiliki keunggulan dalam hal performa.

Acer Chromebook Spin

Pengumuman penting dari Acer pada tahun ini adalah Chromebook berbahan aluminium, laptop ini menggunakan chip AMD Ryzen 3000 C-series. Model sebelumnya menggunakan perangkat keras grafis yang terintegrasi, namun chip Ryzen punya grafis Radeon di dalamnya, yang membuat peningkatan saat performa GPU terlibat dalam game dan mengedit video.

Microsoft Surface Pro 7+

Microsoft Surface Pro 7+ yang dibuat untuk pasar perkantoran mengandalkan prosesor Tiger Lake khusus laptop. Fitur menarik pada laptop ini adalah boot drive SSD yang bisa dicopot untuk keamanan.

Jika pengguna khawatir laptop mereka dicuri, drive utama dapat dikeluarkan dari komputer sehingga dapat disimpan lebih aman. Bahkan jika seseorang menguasai mesin itu tidak akan ada informasi apa pun yang dapat dicuri.

Pengguna juga dapat memasang drive ke laptop lainnya untuk melanjutkan pekerjaan, ini solusi jika laptop mengalami masalah.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Laptop & PC