Jakarta – Apple menambah jajaran perangkat Mac yang menggunakan chip M1, yaitu iMac yang dirilis di acara Spring Loaded.
Tak cuma otaknya yang diganti dari prosesor Intel ke chip Apple Silicon, desainnya pun berubah drastis dibanding iMac generasi sebelumnya. Gaya desain yang ada di jajaran iPad baru — termasuk iPad Pro — dan juga iPhone 12 dipakai di iMac ini.

Apple menyebut iMac ini memang didesain dari awal untuk menyesuaikan penggunaan chip M1. Bodinya sangat tipis, Apple menyebut volume iMac turun 50% dibanding generasi sebelumnya.

Lalu pinggiran layarnya kini datar, bukan melengkung. Layarnya berukuran 24 inch, dengan resolusi 4,5K Retina Display, yang dilengkapi dengan teknologi True Tone untuk menyesuaikan warna sesuai termperatur cahaya di sekeliling pengguna.

Layar 24 inch ini punya bezel yang tipis, dan menurut Apple membuat bodi iMac ini hanya sedikit lebih besar dibanding iMac 21 inch generasi sebelumnya. Peningkatan besar lain yang dibanggakan Apple adalah kualitas kamera dan mikrofonnya.

Webcam iMac baru ini punya resolusi 1080p dengan sensor yang lebih besar, sehingga bisa menangkap cahaya lebih banyak yang berujung pada kualitas gambar lebih baik. Didukung image signal processor di M1, yang juga semakin meningkatkan kualitas gambar yang bisa direkam.

Apple iMac yang dirilis di acara Spring Loaded 2021Apple iMac yang dirilis di acara Spring Loaded 2021 Foto: Screenshot YouTube
Ketebalan iMac ini adalah 11,5 mm, dan Apple tetap bisa membenamkan kipas pendingin kecil untuk membuang panas dari chip M1. Mereka pun menjanjikan iMac ini lebih dingin dan lebih senyap, dibanding iMac sebelumnya yang punya sistem pendingin lebih besar.

Konektor daya juga tak luput dari pembaruan. Apple menerapkan konektor magnet, mirip dengan kabel MagSafe di MacBook generasi lama, untuk menghubungkan iMac dengan adaptor yang terpisah. Dalam adaptor tersebut tersimpan konektor LAN RJ45.

Varian iMac paling tinggi mempunyai empat port USB-C di belakangnya. Dua di antaranya mendukung Thunderbolt. iMac varian paling rendah mempunyai RAM 8GB dan storage 256GB, dan bisa dipilih sampai dengan RAM 16GB serta storage 2TB.

Apple iMac yang dirilis di acara Spring Loaded 2021Apple iMac yang dirilis di acara Spring Loaded 2021 Foto: Screenshot YouTube
Harga iMac baru ini mulai dari USD 1.299, dan tersedia dalam tujuh pilihan warna. Namun beberapa warna tersebut hanya tersedia di iMac dengan harga USD 1.499. Penjualannya sendiri dimulai pada pertengahan Mei, dan pemesanan dimulai 30 April.

Untuk menemani iMac baru ini, Apple pun merilis beberapa aksesoris anyar. Yaitu keyboard, mouse, dan trackpad dengan warna yang menyesuaikan pilihan warna iMac. Oh ya, ada varian keyboard baru yang mempunyai tombol Touch ID layaknya MacBook.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Laptop & PC