Apple resmi meluncurkan iPad Pro yang menggunakan prosesor buatannya sendiri, yakni M1.
Chipset ini sebelumnya digunakan Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini. Prosesor yang sama juga digunakan untuk iMac baru.

Apple mengklaim iPad Pro baru sangat kuat dan canggih jika dibandingkan dengan iPad generasi sebelumnya dan perangkat sejenisnya dengan menyematkan M1.

Tapi, kehadiran M1 tak serta merta membuat fungsi iPad Pro mengalami banyak peningkatan. Sebab, fungsi tablet ini tak banyak berubah dari generasi sebelumnya.

Hal yang membatasi tablet ini adalah software yang masih menggunakan iOS untuk iPad (iPad OS). Sebab, software ini ikut membatasi bagaimana tablet terhubung dengan perangkat lain seperti monitor tambahan dan penyimpan eksternal.

Chipset M1 :
Apple umumkan Apple Tag, iMac, hingga iPad Pro di acra Spring LoadedApple umumkan Apple Tag, iMac, hingga iPad Pro di acra Spring Loaded (dok. Apple)
Apple menyebut kalau kemampuan CPU iPad naik 50-40 persen dari chip A12 Z yang digunakan di iPad 2020. Tapi, kemampuan komputasi yang lebih besar ini tak akan bermanfaat banyak jika aplikasi yang digunakan di iPad tak mampu memanfaatkan dengan optimal, seperti dilansir CNet.

Lewat laman resmi, Apple menyampaikan chip M1 memiliki desain CPU 8-core yang mampu menghadirkan kinerja CPU hingga 50 persen lebih cepat daripada A12Z Bionic dan GPU 8-core yang menghadirkan kinerja 40 persen lebih cepat.

IPad Pro baru juga dilengkapi dengan Apple Neural Engine 16-core generasi terbaru, image signal processor (ISP) canggih, RAM 16GB, dan ROM 2TB.

ISP dan Neural Engine di M1 diklaim memberi lebih banyak kemampuan dari sistem kamera pro, misalnya mendukung Smart HDR 3 untuk pertama kalinya ke iPad Pro. Dalam kondisi cahaya redup, ISP dan LiDAR Scanner juga bisa dengan cepat dan akurat memfokuskan gambar dan video.

Layar :
ipad pro 2021 apple pencilTablet Apple iPadPro 2021 (dok. Apple)
Tablet iPad Pro terbaru memiliki layar Liquid Retina XDR 12,9 inci. Panel layar diklaim menggunakan lebih dari 10.000 LED mini yang disebut Liquid Retina XDR.

Dengan LED mini ini disebut membuat pengguna lebih mudah mengatur kecerahan dan kontras layar. Kecerahannya berkisar dari 1000 nits hingga 1600 nit. Bahkan, rasio kontrasnya diklaim 1 banding satu juta.

Namun teknologi layar baru ini hanya akan tersedia di iPad Pro 12,9 inci. Harga termurah untuk varian ini dengan penyimpan 128 GB US$1.099 (Rp15,9 juta; kurs Rp14.542,5)

Konektivitas: 5G hingga Thunderbolt :
Apple menyematkan koneksi 5G untuk varian tertentu iPad Pro. Apple menjanjikan dukungan jaringan 5G di berbagai frekuensi untuk pengguna di berbagai belahan dunia. Sebab, tiap negara biasanya mengoperasikan 5G di frekuensi yang berbeda.

Untuk mempercepat transfer data, Apple juga melengkapi iPad Pro baru dengan Thunderbolt dan USB 4. Fitur USB-4 membuat port USB-C di iPad Pro bisa mengirim data hingga 40Gbps, 4 kali lebih cepat dari iPad Pro sebelumnya. Apple menyebut Thunderbolt pada iPad Pro juga mendukung Ethernet 10 Gbps.

Kamera :
Dari sisi fotografi, kamera depan 12MP Ultra Wide pada iPad Pro memiliki fitur Center Stage. Fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengenali dan menjaga wajah pengguna agar tetap di tengah frame saat melakukan panggilan telepon.
Saat pengguna bergerak, Center Stage secara otomatis bergerak agar mereka tetap dalam bidikan. Saat orang lain bergabung, kamera juga mendeteksi mereka, dan memperkecil tampilan agar semua orang bisa saling melihat satu sama lain.

Magic Keyboard :
Hal baru yang hadir di iPad Pro baru adalah Magic Keyboard yang hadir dalam warna Putih. Kibor ini dilengkapi dengan tombol yang diterangi backlit. Apple pun akhirnya mengintegrasikan trackpad di kibor ini.

Harga dan Ketersediaan :
Apple menyampaikan iPad Pro baru tersedia untuk dipesan mulai Jumat, 30 April 2021, diapple.comdan di aplikasi Apple Store di 31 negara dan wilayah, termasuk AS.

IPad Pro 11 inci dan 12,9 inci baru akan tersedia dalam warna perak dan abu-abu. IPad Pro tersedia dalam pilihan 128GB, 256GB, 512GB, 1TB, dan konfigurasi 2TB.

Daftar Harga iPad Pro 2021:
– iPad Pro 11 inci (Wi-Fi): US$799 atau Rp11,6 juta
– iPad Pro 11 inci (Wi-Fi seluler): US$999 atau Rp14,5 juta
– iPad Pro 12,9 inci (WiFi): US$1.099 atau Rp15,9 juta dan;
– iPad Pro 12,9 inci (WiFi seluler): US$1.299 atau Rp18,8 juta.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Gadget