Apple mengumumkan iMac anyar di acara ‘Spring Loaded’, Rabu (21/2) dini hari.

Versi baru iMac mirip seperti iPad yang lebih langsing dan tipis. Tampilan ini berbeda dengan iMac sebelumnya yang cembung di bagian belakang dan terbilang besar dan tebal.

Sementara ketebalan iMac baru hanya 11,5 milimeter. Meski lebih tipis, Apple mengklaim desktop ini lebih dingin dan senyap dari generasi sebelumnya.

Apple menyampaikan iMac baru 50 persen lebih ringkas dari iMac sebelumnya. Kemudian, iMac baru juga menggunakan prosesor M1. Prosesor itu juga diklaim yang bisa membuat iMac memiliki desain yang lebih tipis dan lebih ringkas.

Berbeda dari generasi sebelumnya, iMac yang diluncurkan Apple tahun ini lebih tipis dan dilapisi dengan bodi yang warna-warni, yakni hijau, kuning, oranye, merah muda, ungu, biru, dan perak.

Variasi warna pada iMac bari mirip ketika Apple meluncurkan iMac versi lawas, G3 CRT pada tahun 1999.

Menurut Apple, casing warna-warni Apple ini dibuat menggunakan penutup aluminium rendah karbon dan 100 persen timah daur ulang.

“M1 adalah lompatan besar ke depan untuk Mac, dan hari ini kami sangat antusias untuk memperkenalkan iMac baru, Mac pertama yang dirancang dengan chip M1,” Greg Joswiak, wakil presiden senior pemasaran Apple lewat laman resmi.

Melansir The Verge, Apple juga memperkenalkan keyboard, mouse, dan trackpad dengan beragam warna untuk menyesuaikan dengan iMac. Keyboard memiliki tombol Touch ID untuk masuk.

Chipset
Chip M1 pada iMac memiliki CPU 8-core dan GPU 8-core. Terdapat pula 16-core Apple Neural Engine. Apple mengklaim kinerja CPU iMac baru 85 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya. Performa GPU juga hingga 2x lebih cepat untuk aplikasi tertentu, seperti Affinity Photo dan Photoshop.

Chip M1 juga mendukung pengeditan hingga lima rekaman 4K, atau satu rekaman 8K tanpa menghilangkan bingkai di Final Cut Pro. Machine learning berjalan 3x lebih cepat berkat Neural Engine 16-core di M1.

Ini adalah iMac pertama yang beralih ke Apple Silicon M1, chip yang dirancang sendiri oleh Apple. Perusahaan pertama kali menambahkan chip Apple Silicon M1 ke MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini pada November. Apple berencana untuk meluncurkan chip berbasis Arm ini ke seluruh lini Mac-nya.

Generasi pertama Mac M1 telah diterima dengan sangat baik, dengan chip baru yang menawarkan daya dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Layar
Apple luncurkan iMac 2021
IMac baru dilengkapi layar Retina 4,5K berukuran 24 inci dengan 11,3 juta piksel, kecerahan 500 nits, dan lebih dari satu miliar warna. IMac baru juga menyertakan kamera HD FaceTime 1080p, mikrofon berkualitas studio, dan sistem suara enam speaker.

Untuk layar, iMac baru juga dilengkapi dengan teknologi True Tone, yang secara otomatis menyesuaikan suhu warna saat lingkungan berubah. Selain itu, layar Retina 4,5K pada iMac baru memiliki lapisan anti-reflektif.

Selain itu, Touch ID hadir di iMac untuk pertama kalinya. Serupa di iPhone, fitur ini digunakan untuk memindai sidik jari untuk mengamankan proses masuk ke iMac, melakukan pembelian dengan Apple Pay, atau mengganti profil. Selain chip M1, iMac baru juga didukung macOS Big Sur.

Konektivitas
Kemudian, Setiap iMac dilengkapi dua port Thunderbolt untuk transfer data super cepat, memberi pelanggan opsi berperforma tinggi untuk terhubung ke lebih banyak perangkat, termasuk dukungan untuk layar 6K, seperti Apple Pro Display XDR, dan Wi-Fi 6 menghadirkan kinerja nirkabel yang lebih cepat.

Konfigurasi iMac 8-inti menawarkan dua port USB-C tambahan dan juga dilengkapi port Ethernet 1Gbps di adaptor daya.

Untuk melengkapi desain yang disederhanakan, iMac juga hadir dengan konektor daya baru yang dipasang secara magnetis di bagian belakang desktop. Pengisi daya ini nampak tak jauh beda dengan kabel pengisi daya sebelumnya, MagSafe. Selain untuk mengisi daya, kabel ini juga bisa dihubungkan dengan kabel ethernet.

Pada versi yang lebih murah, iMac hanya disertakan dengan dua port Thunderbolt di bagian belakang. Versi yang lebih tinggi ditambahkan menjadi 4 port.

Harga dan ketersediaan
Apple menyampaikan iMac 24 inci baru tersedia untuk dipesan mulai Jumat, 30 April 2021, diapple.comdan di aplikasi Apple Store. Desktop ini akan tersedia di Apple Store tertentu mulai paruh kedua Mei 2021.

Harga iMac

Apple membanderol iMac dalam dua versi chipset, berinti 7 dan 8. Sementara untuk memori, versi lebih rendah dilengkapi dengan RAM 8GB dan SSD 256GB, serta dapat ditingkatkan hingga RAM 16GB dan penyimpanan 2TB.

– iMac dengan GPU 7-inti dijual mulai mulai dari US$1.299 atau Rp18,8 juta (kurs Rp14.540).
– Sedangkan iMac dengan GPU 8-inti mulai dari US$1.499 atau Rp21,7 juta.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Gadget