Menemani iPad Pro, iMac dan AirTag yang diluncurkan Rabu dini hari (21/4/2021), Apple TV 4K anyar turut diperkenalkan. Perangkat ini punya performa sekencang iPhone XS.

Pasalnya Apple menyematkan chipset A12 Bionic pada setup-box barunya itu. Chipset ini memberikan peningkatan signifikan dalam kinerja grafis, decoding video, dan pemrosesan audio dari generasi sebelumnya.

Apple menyebutkan kalau chip A12 Bionic memungkinkan video HDR (High Dynamic Range) dan Dolby Vision, memungkinkan aksi gerakan cepat pada 60 frame per second (fps) ditampilkan lebih mulus dan hidup daripada sebelumnya. Dan dengan dukungan frame rate tinggi pada AirPlay, video yang direkam di iPhone 12 Pro dengan format Dolby Vision 60-fps dapat ditampilkan di Apple TV 4K yang baru.

Apple TV 4K Generasi ke-2 menggunakan sensor cahaya di iPhone untuk membandingkan keseimbangan warna dengan spesifikasi standar industri yang digunakan oleh sinematografer di seluruh dunia. Dengan menggunakan data ini, Apple TV secara otomatis menyesuaikan keluaran videonya untuk menghadirkan warna yang jauh lebih akurat dan kontras yang lebih baik – tanpa pengguna harus menyesuaikan pengaturan televisi mereka.

Soal remote, Apple mendesain ulang. Kini bodynya dibuat kotak berbahan aluminium sehingga makin nyaman berada di tangan.

Apple menyematkan cllickpad untuk pengontrolan, menawarkan navigasi lima arah untuk akurasi yang lebih baik. Selain itu mendukung sentuhan untuk mempercepat video hanya dengan menggesek di area clickpad.

Siri Remote baru juga memiliki tombol power untuk menghidupmatikan TV, selain itu ada tombol lain untuk mute suara. Dengan Siri, pengguna dapat dengan mudah mencari acara atau film tertentu, mengontrol aksesori rumah pintar, dan banyak lagi.

“Dengan A12 Bionic dan Siri Remote baru, Apple TV 4K memungkinkan pengguna menikmati acara favorit, film, dan lainnya dalam kualitas tertinggi, dengan kontrol yang sederhana dan intuitif. Dan tentu saja, Apple TV 4K menawarkan akses mudah ke layanan Apple, bersama dengan ribuan aplikasi di App Store untuk lebih banyak pilihan hiburan,” kata Bob Borchers, Apple’s vice president of Worldwide Product Marketing.

Apple TV 4K dijual mulai 30 April dengan harga mulai dari USD 179 (Rp 2,6 juta) untuk 32GB dan versi 64GB USD 199 (Rp 2,9 juta).

Raksasa teknologi asal Cupertino ini turut menjual Apple TV HD dengan Siri Remote baru seharga USD 149 (Rp 2,2 juta). Mereka juga menjual Remote Siri baru dengan harga USD 59 (Rp 858 ribu), mendukung Apple TV 4K dan Apple TV HD generasi sebelumnya.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Technology