Application

Adobe Rilis Photoshop untuk Mac M1

Adobe akhirnya merilis Photoshop untuk macOS yang dijalankan di perangkat Mac dengan chip M1, dengan performa yang dijanjikan meningkat 1,5 kali dibanding versi sebelumnya.

Sebelumnya, Photoshop memang sudah bisa dijalankan di perangkat M1, namun tidak berjalan secara native, melainkan menggunakan Rosetta 2 yang berjalan sebagai ‘penerjemah’.

Aplikasi yang berjalan secara native seharusnya akan lebih kencang, atau minimal lebih efisien penggunaan dayanya. Dan menurut Adobe, Photoshop versi M1 ini berjalan 1,5 kali lebih kencang dibanding Photoshop di perangkat generasi sebelumnya.

Klaim ini didasarkan pada pengujian dalam sejumlah pengujian di beberapa aspek, seperti membuka dan menyimpan file, menjalankan filter, melakukan operasi berat seperti Content-Aware Fill dan Select Subject.

Namun Adobe pun mengakui kalau Photoshop yang dirilis untuk M1 ini belum sepenuhnya persis dengan Photoshop untuk perangkat x86. Namun mereka mengaku akan terus meningkatkan performa aplikasi andalannya itu.

Sejumlah fitur pun belum tersedia di Photoshop versi M1 ini, seperti Edit Cloud Document dan Preset Syncing. Adobe menjanjikan akan segera memperbarui aplikasinya, dan mereka tak menyertakan fitur tersebut karena mereka tak mau menunggu lama untuk menghadirkan Photoshop di Mac M1.

Selain Photoshop untuk M1, Adobe juga menghadirkan fitur Super Resolution untuk Adobe Camera Raw Plugin, yang menggunakan AI untuk meningkatkan resolusi pada gambar.

Mereka juga meningkatkan performa Photoshop di iPad, termasuk menghadirkan fitur Cloud Document Version History dan kemampuan untuk mengolah Cloud Document meski dalam keadaan offline.

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Application